PROGRAM PEMBELAJARAN PAUD TERPADU GEMBIRA
1. Kegiatan pembelajaran PAUD Terpadu Gembira
mengembangkan 9 kecerdasan yang meliputi :
- kecerdasan linguistik
- kecerdasan logika –
matematika
- kecerdasan visual – spasial
- kecerdasan musikal
- kecerdasan kinestetik
- kecerdasan naturalis
- kecerdasan interpersonal
- kecerdasan intrapersonal
- kecerdasan spiritual
2. PAUD
Terpadu Gembira mengembangkan pendidikan Karakter dengan membangun sembilan
pilar karakter, yaitu :
1. cinta kebenaran
2. tanggung jawab,
kedisiplinan dan kemandirian
3. amanah dan kejujuran
4. hormat dan santun
5. kasih sayang, kepedulian
dan kerjasama
6. percaya diri, kreatif dan
pantang menyerah
7. keadilan dan kepemimpinan
8. baik dan Rendah hati
9. toleransi kedamain & Kesatuan
; dan
-
K4
(Kebersihan, Kerapian, Kesehatan & Keamanan)
3. Program
kegiatan pembelajaran PAUD Terpadu Gembiradilaksanakan berdasarkan tugas dan
perkembangan anak sesuai dengan usia dan tahap tumbuh kembang anak, berdasarkan
Kurikulum / Menu Pembelajaran TPA, Kelompok Bermain dan Taman Kanak-kanak, yang
berisikan tentang :
1. pembentukan
perilaku/pembiasaan (moral dan nilai-nilai agama, sosial dan emosional)
2. pengembangan
kemampuan dasar (bahasa, Kognitif, Fisik Motorik, dan Seni )
- MANUSIA
- LINGKUNGANKU
- KEANEKARAGAMAN HAYATI
- BANUAKU
- ALAM SEMESTA
Kegiatan
proses pembelajaran dilaksanakan dan dilakukan melalui Sentra-sentra yaitu :
1. Sentra Ibadah (terintegrasi disetiap
sentra )
2. Sentra Persiapan
3. Sentra Main Peran / Imajinasi
4. Sentra Olah Tubuh ( Terintegrasi
disetiap sentra )
5. Sentra Balok / Rancang Bangun
6. Sentra Bahan Alam / Eksplorasi
7. Sentra Seni dan Kreatifitas(terintegrasi
disetiap sentra ).
Untuk memenuhi
aspek-aspek perkembangan anak baik fisik, kognitif, sosial emosional, bahasa,
dan pembentukan Karakter anak perlu dilakukan berbagai pendekatan yaitu :
-
konsep
belajar sambil bermain
-
kedekatan
dengan lingkungan
-
alam
sebagai sarana pembelajaran
-
anak
belajar melalui sensorinya
-
mengembangkan
keterampilan hidup
-
anak
sebagai pembelajar aktif
Tidak ada komentar:
Posting Komentar