Program Belajar

PROGRAM PEMBELAJARAN PAUD TERPADU GEMBIRA

1. Kegiatan pembelajaran PAUD Terpadu Gembira mengembangkan 9 kecerdasan yang meliputi :
- kecerdasan linguistik
- kecerdasan logika – matematika
- kecerdasan visual – spasial
- kecerdasan musikal
- kecerdasan kinestetik
- kecerdasan naturalis
- kecerdasan interpersonal
- kecerdasan intrapersonal
- kecerdasan spiritual

2. PAUD Terpadu Gembira mengembangkan pendidikan Karakter dengan membangun sembilan pilar karakter, yaitu :
1. cinta kebenaran
2. tanggung jawab, kedisiplinan dan kemandirian
3. amanah dan kejujuran
4. hormat dan santun
5. kasih sayang, kepedulian dan kerjasama
6. percaya diri, kreatif dan pantang menyerah
7. keadilan dan kepemimpinan
8. baik dan Rendah hati
9. toleransi kedamain & Kesatuan ; dan
-          K4 (Kebersihan, Kerapian, Kesehatan & Keamanan)

3. Program kegiatan pembelajaran PAUD Terpadu Gembiradilaksanakan berdasarkan tugas dan perkembangan anak sesuai dengan usia dan tahap tumbuh kembang anak, berdasarkan Kurikulum / Menu Pembelajaran TPA, Kelompok Bermain dan Taman Kanak-kanak, yang berisikan tentang :
1. pembentukan perilaku/pembiasaan (moral dan nilai-nilai agama, sosial dan emosional)
2. pengembangan kemampuan dasar (bahasa, Kognitif, Fisik Motorik, dan Seni )

Dalam kegiatan pembelajaran anak di PAUD Terpadu Gembiradiberikan Tema-tema untuk mengembangkan pembentukan perilaku dan kemampuan dasar anak. Tema diambil dari dirinya sendiri, dan lingkungan yang terdekat sampai yang terjauh. Tema ini merupakan pokok bahasan yang akan dikembangkan sebagai bahan pembelajaran seperti :
 
  1. MANUSIA
  2. LINGKUNGANKU
  3. KEANEKARAGAMAN HAYATI
  4. BANUAKU
  5. ALAM SEMESTA


Kegiatan proses pembelajaran dilaksanakan dan dilakukan melalui Sentra-sentra yaitu :
1.  Sentra Ibadah (terintegrasi disetiap sentra )
2.  Sentra Persiapan
3.  Sentra Main Peran / Imajinasi
4.  Sentra Olah Tubuh ( Terintegrasi disetiap sentra )
5.  Sentra Balok / Rancang Bangun
6.  Sentra Bahan Alam / Eksplorasi
7.  Sentra Seni dan Kreatifitas(terintegrasi disetiap sentra ).


Untuk memenuhi aspek-aspek perkembangan anak baik fisik, kognitif, sosial emosional, bahasa, dan pembentukan Karakter anak perlu dilakukan berbagai pendekatan yaitu :
-          konsep belajar sambil bermain
-          kedekatan dengan lingkungan
-          alam sebagai sarana pembelajaran
-          anak belajar melalui sensorinya
-          mengembangkan keterampilan hidup
-          anak sebagai pembelajar aktif

Tidak ada komentar:

Posting Komentar